Ini Cara Agar Tidak Salah Pilih Ukuran Sepatu Saat Belanja Daring

      Comments Off on Ini Cara Agar Tidak Salah Pilih Ukuran Sepatu Saat Belanja Daring

Di zaman yang semua sudah serba daring, tidak menutup kemungkinan kita bisa membeli apapun lewat smartphone kita. Salah satu item fashion yang sering dibeli daring adalah sepatu. Selain menawarkan banyak pilihan model, berbelanja daring juga memungkinkan kita bisa mendapatkan harga termurah.

Namun demikian, berbelanja sepatu secara daring juga sedikit perlu kejelian. Jangan sampai mendapat sepatu bagus dengan harga murah, namun ternyata salah memilih ukuran sepatu.  Karena terkadang kita terlalu terfokus dengan model dan harga saja.

Agar kasus salah pilih ukuran sepatu tidak terulang, sebenarnya ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti sebelum membeli sepatu secara daring. Berikut adalah  tipsnya.

Ini Cara Agar Tidak Salah Pilih Ukuran Sepatu Saat Belanja Daring

1. Beli sepatu di tempat terpercaya

Hal utama yang perlu diperhatikan adalah memastikan tempat kamu akan membeli sepatu di pelapak yang terpercaya. Melakukan transaksi jual beli daring membuat penjual dan pembeli hanya bertemu di dunia maya, oleh karena minimnya interaksi sebelum membeli, transaksi ini bisa jadi hanya modal percaya. Sangat disarankan untuk mencari penjual lewat website terpercaya seperti misalnya BukaLapak. Gunakan juga rekening bersama untuk menghindari penipuan.

2. Kenali jenis penomoran sepatu

Jenis penomoran yang jamak di Indonesia adalah menggunakan sentimeter. Seperti misalnya nomor 40 untuk panjang kaki 40 cm, nomor 38 untuk panjang kaki 38 cm dan seterusnya. Namun jika sepatu yang kamu incar adalah sepatu buatan luar negeri, maka bisa jadi sistem pengukurannya berbeda. Misalnya buatan Perancis. Penomoran sepatu buatan Perancis ini bernama Paris Stick atau biasanya disingkat PS. PS ini memiliki nilai 1 PS = 0,666 cm. Rentang nilainya dari 1-50. Lain lagi jika sepatu buatan Eropa (biasanya sistem UK). Satuan pengukurannya menggunakan inchi, dimana akan dikonversi menjadi ukuran 1 – 12. Ukuran ini juga mirip dengan cara penomoran Amerika (US)

Baca Juga :  Ini Cara Mencuci Baju yang Mudah dan Cepat

3. Ukur kaki dengan seksama

Cobalah mengukur kaki di sore hari saat kamu selesai beraktivitas. Biasanya saat itulah ukuran kaki berada pada posisi maksimalnya. Sehingga bisa meminimalisir salah pengukuran. Cara mengukurnya cukup letakkan penggaris di bawah kakimu kemudian tandai berapa sentimeter ukuran kakimu.

4. Baca ulasan

Ada baiknya untuk membaca ulasan pembeli terdahulu sebelum membeli produknya. Ulasan pembeli ini sangat berguna untuk menentukan seperti apa kualitas barang yang mereka terima. Apakah sesuai dengan gambar dan penawarannya, kemudian kecepatan pengiriman hingga servis dari penjualnya. Jika kebanyakan ulasan dari pembeli bagus, maka bisa kamu jadikan pertimbangan untuk membeli sepatunya.

5. Mencoba dahulu di toko resmi

Ada banyak alasan kita lebih memilih berbelanja daring. Salah satunya adalah harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan harga jual di toko resmi. Jika memungkinkan dan ada, kamu bisa menjajal terlebih dahulu sepatu incaranmu di toko yang resmi. Biasanya perbedaan harga yang jauh tersebut karena adanya defek ringan yang sebenarnya tidak terlalu kentara.

6. Cari yang bisa ditukar

Beberapa toko sepatu daring juga menawarkan fasilitas berupa penukaran ukuran sepatu jika ukuran yang kamu beli kurang tepat. Tentu saja dengan beberapa syarat dan ketentuan, seperti misalnya dikembalikan dalam jangka waktu kurang dari 24  jam setelah penerimaan barang, barang kembali dalam keadaan seperti semula dan lain sebagainya. Meski terdengar ribet, tetapi ini adalah pilihan yang aman untuk membeli sepatu via toko daring.