Hindari Kesalahan Ini Ketika Mencuci Baju

      Comments Off on Hindari Kesalahan Ini Ketika Mencuci Baju

Mencuci baju sendiri merupakan hal yang banyak dilakukan, terutama untuk kamu yang tinggal sendiri dan sudah tinggal terpisah dari orangtua. Mencuci baju di laundry memang bisa menjadi pilihan, namun hal ini tentu akan membutuhkan sejumlah biaya dari kantongmu. Jika kamu ingin hidup lebih hemat dan praktis, maka cuci baju sendiri akan menjadi pilihan yang lebih tepat. Hal ini akan menjadi kepuasan tersendiri, terutama untuk kamu yang saat ini sedang belajar untuk hidup mandiri. Kamu bisa menghemat uang bulanan dan sekaligus mendapatkan hasil cucian yang lebih bersih tentunya. Bagaimanapun juga, kebersihan tentu selalu menjadi hal yang layak untuk dipertimbangkan, bukan?

Pada dasarnya, mencuci baju sendiri bukanlah pekerjaan yang sulit untuk dilakukan. Hal ini bahkan akan jadi lebih mudah, jika kamu menggunakan detergen yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pakaian yang akan kamu cuci. Hal ini penting, untuk memudahkan kamu dalam proses mencuci, sehingga kamu tidak perlu melakukan pekerjaan ini dengan sulit. Selain itu, lakukan cara yang tepat ketika mencuci, agar hasil cucian bajumu bisa sesuai dengan harapan. Jangan sampai kamu mendapatkan hasil cucian yang tidak sesuai dengan harapan, hanya karena kamu tidak melakukan pekerjaan yang satu ini dengan cara benar. Pastikan kamu menghindari berbagai kesalahan tersebut sejak awal, agar mencuci pakaian selalu menjadi pekerjaan yang menyenangkan.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang patut kamu hindari ketika sedang mencuci baju:

·         Tidak memisahkan baju luntur

Baju yang luntur membutuhkan penanganan khusus ketika dicuci, sebab baju ini bisa saja merusak warna baju lainnya. Jika tidak dipisahkan sejak awal dan dicuci bersama-sama dengan baju lainnya, maka baju luntur ini biasanya akan membuat warna baju lainnya menjadi berubah dan rusak. Bukan hanya terlihat buruk, bisa saja baju-baju yang terkena luntur ini sudah tidak pantas untuk dipakai lagi.

Baca Juga :  Ini Cara Mencuci Baju yang Mudah dan Cepat

·         Menggunakan detergen dan sabun yang salah

Untuk mencuci baju dibutuhkan detergen dan juga sabun yang tepat, sehingga kotoran dan noda yang menempel pada baju bisa luruh dengan sempurna. Salah memilih detergen dan sabun bisa saja berakibat fatal, di mana baju justru kehilangan warnanya atau bahkan rusak akibat detergen dan sabun yang terlalu “keras”.

·         Tidak merendam cucian terlebih dahulu

Sebelum dicuci, pakaian perlu direndam dengan detergen terlebih dahulu, sehingga berbagai noda dan juga kotoran yang menempel bisa rontok dengan sendirinya. Setidaknya, proses ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Namun jika tidak direndam terlebih dahulu, baju akan sulit untuk dicuci dan kotoran juga tidak mudah untuk dibersihkan.

·         Tidak membilas dengan bersih

Proses mencuci baju harus diakhiri dengan proses membilas hingga sabun dan sisa detergen hilang seluruhnya. Pembilasan ini biasanya diperlukan berulang kali, agar kotoran benar-benar luruh. Namun jika tidak dibilas dengan bersih, pakaian masih akan menyisakan kotoran dan juga detergen, sehingga tidak benar-benar bersih. Hal ini bisa menimbulkan gatal dan masalah lainnya ketika pakaian sudah kering dan digunakan.

·         Tidak segera menjemur baju yang telah dicuci

Membiarkan pakaian yang sudah dicuci tanpa menjemurnya tentu keputusan yang salah. Pakaian akan berbau dan tidak lagi beraroma segar khas cucian, terutama jika dibiarkan lama tanpa dijemur. Hal ini juga bisa membuat pakaian menjadi rusak karena terlalu lama dalam kondisi yang basah.

mencuci baju

Hindari berbagai kesalah ini, agar bajumu selalu bersih dan wangi, meskipun kamu cuci sendiri tanpa menggunakan jasa laundry.